“Kidou Keiji Jiban” – Robocop yang Berubah Menjadi Bemo

Saya tidak tahu Sampai kapan Film dan lagu nostalgia anak Indonesia pergi. Jika pemirsa satu diantara sekian banyak anak yang hidup di masa orde baru, mungkin Tokasatsu seperti kamen Rider black, Robo Gaban, Winspector dan Janperson adalah satu-satunya permadani yang mengantarkan diri kita menjadi sosok pahlawan (pemimpin keluarga) dimasa sekarang ini.

Saya lahir di tahun 86. Di masa 7 tahun setelahnya, hampir telesinema anak diisi oleh Tokusatsu jepang dan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV Indosiar. (sayang untuk sekarang ini, Indosiar cenderung menakuti anak-anak dengan sinetron cinta dan Dilema legenda)

Dan satu diantara Tokasatsu jepang yang mendompleng Kreatifitas Robocop masa itu adalah Jiban. Konsep Jiban tetap sama diberikan sebagai wujud tokoh pembela kebenaran beratribut Kepolisian.

Jika pemirsa teliti, yang menjadi persamaan keduanya adalah Sarung Pistol yang berada di sisi kanan Paha. Cara mengambil Pistol “Cetar”-nya pun hampir mirip

 Detektif Robot Kidou Keiji Jiban
Konsep Pistol Cetar yang mirip dengan Robocop

Hanya saja, ditangan-anak-anak Indonesia, Opening Theme-nya Jiban diubah sedemikian unik hingga membuat siapapun terpingkal-pingkal.

Jika masih tak tak yakin Bahwa Jiban Adalah Jelmaan Robocop yang berubah menjadi Bemo, Cek Sub titlenya di video OST Opening Jiban berikut ini:

Credit Video : R4gin9iNf3rN0

Tinggalkan Balasan