Mudahnya Beli Token Listrik Prabayar dengan Mandiri Internet Banking

Mudahnya Beli token listrik mandiri Internet | Setelah sekian lama Tutorial Mandiri Internet Banking menganggur, Akhirnya Sinopsis tutorial berlanjut ke sesi ke 2 selesai saya buat. Beli token listrik mandiri.

Token mandiri yang sebelumnya saya pakai buat pajangan, atau versi Kolot si-nyonya merupakan duplikasi kalkulator, kini dengan tersedianya Token tersebut,  dapat lebih berguna sebagai alat transaksi ekonomi.

Bagi pemirsa maupun hande tolan yang kebetulan menggunakan fasilitas perbankan canggih, ada baiknya menggunakan Token tersebut, hanya untuk kepentingan yang bersifat urgent.
Contoh bagi mereka yang sibuk dan malas bertransaksi melalui mesin Atm.

Kegunaan Token secara fungsi juga beragam. Bagi para master E-commerce yang tugasnya selalu diburu aktivitas berfinansial, Sangat memudahkan dan juga sangat mujarab guna menghindari tindak pidana penipuan. Terutama para hacker yang melakukan phising jebakan melalui ATM.

Atau..

Bagi ibu-bu yang dilanda gaya hidup beremansipasi, juga bisa memanfaatkannya untuk membeli keperluan rumah tangga yang bersifat primer, seperti..

  1. [1]. Beli pulsa menggunakan Token Mandiri Banking ?
  2. [2].Mempergunakan Token Mandiri Internet banking untuk bayar pulsa listrik ?
  3. [3].Mempergunakan Token Mandiri Internet ini untuk membayar billing tagihan internet dan telepon ?

Ok, karena tutorial ini bersifat mendasar dan sudah uzur diketahui banyak orang, maka secara khusus, saya hanya akan berbagi perihal Cara membeli token listrik prabayar yang notabennya diperuntukkan, hanya bagi mereka, yang merasa ibu-ibu muda yang cantik, maupun para janda yang baru saja pindah rumah sja deh.

Dengan meteran listrik digital sebagai sumber utama energi rumah tangga, Tentunya cara ini sangat masif dengan gaya hidup yang tidak selalu mengandalkan pertolongan para laki-laki.

Kalau Suami anda temprament, ini merupakan langkah mandiri yang agak mainstream, Bertujuan agar tidak terlalu dicap sebagai istri yang pemalas. Karena, cara ganti meteran listrik ke token, hanya dapat dilakukan PLN, atas persetujuan suami.

Dengan persyaratan, membawa KTP dan memlampirkan Nota pembayaran tagihan listrik, bulan tertaksir sebelumnya.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk Beli token listrik mandiri

Ok cekiprot. Bumbu-bumbu yang perlu disiapkan:

  1. 1 Helai Kartu kendali Listrik prabayar
  2. 1 Ruas Rekening Mandiri dengan Saldo minimum Rp. 20.000, dan sudah pernah mendaftar mandiri Internet banking. (*Tutorial pra-registrasi dan aktivasi mandiri internet banking dapat dilihat di halaman : https://www.blogermie.com/2018/07/cara-mendaftar-mandiri-internet-banking-melalui-mesin-atm.html)
  3. Persiapkan 1 siung Token Mandiri internet. Jika belum tahu cara memperolehnya, bisa terlebih dahulu menghubungi cabang mandiri terdekat atau flashback dengan melihat halaman saya di https://www.blogermie.com/2018/07/cara-memperoleh-token-mandiri-internet-banking.html

 

Langkah-langkah Beli token listrik mandiri. Jangan sampai keliru urutannya

  1. Buka website mandiri di http://www.bankmandiri.co.id/, dan pilih » Personal log in:
  2. Mudahnya beli Token Listrik Prabayar dengan Mandiri Internet Banking
  3. Masukkan Username dan Password yang telah dibuat via costumer service di cabang mandiri terdekat
  4. cara beli token listrik mandiri
  5. Pilih menu » Bayar
  6. cara beli token listrik mandiri
  7. Di menu dropdown, list yang tersedia akan beragam, Pilih »Listrik dan gas
  8. Pilih » Saldo rekening sesuai yang tertera
  9. Untuk pengguna meteran digital, pilih opsi » PLN Prabayar pada »Silahkan Pilih layanan dan masukkan Meter ID.
  10. cara beli token listrik via mandiri internet
  11. Meter ID adalah Identitas pengenal berupa 11 digit angka yang tertera pada Kartu kendali pengguna. Lihat pada cover depan kartu
  12. Amount, Silahkan masukkan jumlah kwh listrik dalam bentuk rupiah (*Berhubung daya yang saya pakai 900 ampere, berikut detailnya. Mohon direvisi jika salah)
    • 20.000 = 11.kwh
    • 50.000 – 38.kwh
    • 100.000 = 86.kwh
    cara beli token listrik via mandiri internet
  13. Siapkan Token Mandiri Internet yang ibuk punya, Coba hidupkan. Pada Chalengge Code masukkan kode yang tertera dengan mode apply 1
  14. CARA MENGAKTIFKAN MODE APPLY 1 : untuk beli token listrik mandiri

  15. Hidupkan token dengan memencet tombol merah
  16. cara beli token listrik via mandiri internet
  17. Masukkan PIN yang telah dibuat di kantor cabang. #PIN ini bersifat rahasia dan jauh berbeda dengan pasword yang ibuk pergunakan untuk log in. Jika 3 kali melakukan kesalahan memasukkan pin, Token mandiri internet otomatis terblokir.



    Setelah memasukkan pin dengan benar, Ibuk akan diarahkan pada tulisan » APPLI –
  18. cara beli token listrik via mandiri internet
  19. Tekan tombol »1 pada token mandiri untuk mengubahnya ke mode APPLI 1
  20. HATI-HATI DALAM MEMASUKKAN PIN TOKEN MANDIRI INTERNET

  21. Masukkan »Chalengge Kode yang tertera pada halaman website mandiri ke token mandiri internet milik Ibuk
  22. cara beli token listrik via mandiri internet
  23. # Tahan beberapa detik tombol berwarna merah hingga akan muncul key kode yang berbeda
  24. cara beli token listrik via mandiri internet
  25. Kode yang muncul dari token mandiri intenet inilah yang kemudian harus dimasukkan di kolom website mandiri:» masukkan PIN Mandiri untuk konfirmasi (metode Appli 1). Klik “lanjutkan”
  26. cara beli token listrik via mandiri internet
  27. Gambar berikutnya akan nampak jika transaksi sukses, tinggal menyalin Nomor tokennya saja, atau menyimpannya ke secarik kertas, atau siap di print-out
  28. cara bayar listrik rumah tangga via mandiri internet
  29. Selesai, dan ibuk siap beraktivitas

beli token listrik menggunakan mandiri Online juga bisa

Beli token listrik mandiri via mandiri online ini, adalah berbasis dekstop. Pun sebenarnya sama saja dengan versi lite yang ditanamkan sebagai Aplikasi/ APK.

Bedanya kalau di versi Aplikasi, Kita tidak perlu melakukan banyak langkah autentifikasi, sebagaimana serangkaian cara yang sistimatis dengan memasukkan kode-kode rumit diatas. Kita tidak diharuskan membawa Token mandiri internet juga. Dengan kata lain, Mandiri Online versi lite/aplikasi akan terasa lebih simple dan ringkas ketimbang versi dekstopnya.

Dengan mandiri online, Kita hanya diharuskan memasukkan Nomor token Listriknya saja, diakhiri dengan : 6 digit PIN yang lebih dulu kita buat, di Aplikasi mandiri Online.Hasil Screen Capture berupa 12 Digit nomer token listrik, dapat langsung di simpan maupun dicetak dalam bentuk format bergambar.

Kekurangan Versi lite, adalah bug. Meskipun bug tersebut tidak selalu ada, namun cukup menganggu. Saya khawatir akan adanya transaksi yang terhambat. Meskipun keluhan ini sudah ditanggapi oleh pihak bank Mandiri. Sehingga opsi saya lebih menarik, dengan tingkat keamanannya untuk tetap bertahan menggunakan Mandiri Online versi Dekstopnya saja.

Semoga bermanfaat dan makin rukun ^_^

Artikel Terkait :

4 Comments

Tinggalkan Balasan