Penjual Kambing Muda: Bisnis Menjanjikan Sanali Menyambut Iduladha

Penjual Kambing Muda: Bisnis Menjanjikan Sanali Menyambut Iduladha | Dzulhijjah memang bulan penuh berkah. Umat Islam selalu menantikan bulan ini sebagai momentum untuk berkurban, memperkuat ibadah, dan memanen pahala. Namun Dzulhijjah juga mendatangkan berkah bagi banyak orang yang menjadikannya sebagai bulan untuk mengharap rezeki rupiah lebih banyak.

Banyak permintaan kambing kurban menjelang bulan haji ini menjadi bukti bahwa latar belakang peternak yang ditekuni sanggup dikombinasikan
Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk bersedekah, menggoda orang dengan menjadikannya kesempatan menambah pendapatan. Salah satunya adalah Pakde Sanali yang “nyambi” berdagang kambing muda… hanya jika berpapasan menjelang Dzulhijjah, sepanjang tahun.

Kebanyakan penjual kambing muda mendapatkan stok kiriman dari pedagang besar pengumpul kota jember-probolinggo-pasuruan. Namun Paklek beruntung karena ia mendapatkan minat tersebut langsung dari leluhurnya yg dulu memang berlatar belakang petani yang memiliki peternakan sebagai usaha sampingan.

penjual kambing muda

Paklek yang mengaku tidak suka difoto ini beruntung, karena tempat tinggalnya juga sangat dekat dengan persawahan, sehingga ia tak membutuhkan ongkos tambahan untuk mencarikan rerumputan. Disamping persaingan di tengah berjamurnya penjual kambing muda di bulan-bulan tersebut, membuat pakde sanali harus cerdik dalam menentukan target dan strategi penjualan.

Peternak kambing jawa maupun gembel atau domba, sebenarnya sudah pernah dilalui desa saya sejak lama. Berhubung penduduknya tertipu lurah jaman bahula dan beberapa calo tanah, mereka terpaksa menjual sepetak sawahnya dengan iming-iming bonus sepeda motor. Satu diantara penduduk pribumi yang tidak tergiur godaan itu hanya pakde sanali.

Baca Juga : Desa Sidodadi, menyimpan Dosa Sembunyi-sembunyi

Pakde Sanali nekat jual bibit atau anakan kambing jawa maupun gembel itupun juga dari upaya coba-coba. Bermodalkan sewa tanah yang dimiliknya, dengan luas 8Mx5M, sampai sholat id usai, rumah paklek Sanali tak pernah sepi dengan calon pembeli.

memang sih, permintaan Kambing tidak seramai unggas yang bisa setiap hari/bulan terlihat. Permintaan kambing hanya bisa diandalkan jika ada hajatan keluarga yang kebetulan membutuhkan komoditas daging sebagai lauk paangan. Atau juga pas momen setahun sekali. Tapi siapa sangka, Jika dihitung sekali dalam setahun, terdapat 1 indukan yang beranak, itu merupakan omet penjualan yang berlipat-lipat jika sudah waktunya panen. Terutama jika mendekati awal-awal bulan Kurban.

︾ BAGIKAN JIKA INI BERMANFAAT ︾

ARTIKEL YANG SERUPA :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!