Cara Memperoleh Token Mandiri Internet Banking ( Untuk Pemula )

Cara Memperoleh Token Mandiri Internet Banking ( Untuk Pemula ) adalah sebuah keharusan sekaligus syarat mutlak yang dibutuhkan untuk melengkapi kegunaan Akun Internet banking itu sendiri. Karena biarpun Akun internet Banking kita sudah dinyatakan aktif, sementara kita tidak memiliki Token Mandiri Internet, Akses dan aktivitas perbankan kita akan dibatasi. Akun internet kita hanya sanggup dipergunakan untuk memantau saldo dari riwayat transaksi yang masuk.

Apa itu Token Mandiri Internet Banking ?

Cara Mendapatkan Token Mandiri Internet Banking

Bentuk Token Mandiri Internet Banking saya yang pertama

Pada aspek penggunaannya, Token Mandiri Internet Banking berupa Gadget Mungil berbentuk kalkulator untuk mengamankan transaksi internet banking . Dan kini, tiap pengguna layanan internet banking yang memiliki akses masuk ke layanan mitra E-commerce diwajibkan mempunyai alat canggih ini untuk menghindari tindakan pencurian. Token Mandiri Internet Banking juga dijadikan Indikator tambahan dalam mengotorisasi setiap data transaksi yang terjadi. Tak hanya itu, Token Mandiri Internet Banking menjadi satu-satunya alat untuk mengautentifikasi identitas nasabah atas kepemilikan yang sah.

Cara Memperoleh Token Mandiri Internet Banking

Perlu diketahui, Orang-orang pada umumnya masih awam dan khawatir dalam menggunakan fasilitas Internet Banking. Namun, mulai saat ini kita dapat membuang jauh-jauh anggapan kuno tersebut karena Internet Banking Mandiri telah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk menjamin kerahasiaan data transaksi nasabahnya. Tak hanya itu, semua transaksi yang dilakukan lewat Internet Banking juga lebih terlindungi berkat Token PIN Mandiri.

Cara memperoleh Token mandiri Internet dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor Cabang Mandiri terpusat.

Kenapa saya katakan Terpusat?…
Karena di Kantor cabang kecil, belum tentu Token ini disediakan. Sehingga jangan terlalu berharap banyak bahwasanya Token bisa didapatkan di cabang manapun.

Meskipun Token Mandiri ini tergolong gratis. Diberikan oleh Pihak bank secara cuma-cuma di awal pertama kali bagi nasabah yang terdaftar, ada persyaratan yang harus dilengkapi terlebih dahulu.
Adapun Cara mendapatkan Token Mandiri Internet Banking adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi pemegang salah satu atau lebih rekening tabungan Mandiri.
  2. Telah melakukan Pendaftaran di Internet Banking Mandiri melalui ATM maupun Cabang Bank Yang bersangkutan dengan didahului proses Aktivasi Mandiri Internet Banking
  3. Melakukan proses registrasi Token PIN Mandiri di cabang dengan mengisi formulir persyaratan dan ketentuan kepemilikan Token PIN Mandiri
  4. Membayar biaya administrasi kepemilikan token PIN Mandiri sebesar Rp.15.000 ( berdasarkan pengalaman pribadi)
  5. Pengambilan Token dapat dilakukan di seluruh cabang bank Mandiri dengan terlebih dahulu melakukan Aktivasi Token PIN Mandiri di menu administrasi yang terdapat di dalam Internet Banking Mandiri sesuai dengan kanal elektronik yang digunakan.

Apakah Token Mandiri Internet Banking Rentan Rusak ? Jika Iya, Bagaimana upaya klaim penggantiannya ? Apakah dikenakan Biaya ?

Puji Syukur, selama menjadi nasabah Bank Mandiri selama 9 tahun, Token Mandiri saya Baru mengalami rusak sekali.
Itupun rusaknya karena baterai sudah habis. Untuk Devicenya sendiri masih aman meskipun pada saat mati seketika, terjadi Reset Protection data. Device Token langsung terkunci dan terbackup secara otomatis di server Mandiri pusat sehingga tidak terdapat kebocoran data.

Untuk masalah rusak, saya rasa itu relatif. Tergantung frekuensi pemakaian.
Kalau rusak di akibatkan kesalahan pengguna yang ceroboh, paling banter yang hancur lebih dulu adalah casingnya. Asal mesinnya tidak terbentur benda keras dan masih terbungkus dalam casingnya. Karena saya adalah makluk yang sering ceroboh akan hal itu.

Upaya Klaim penggantian Token Mandiri Internet pernah saya lakukan. Baru 1 kali, itupun tidak dikenakan Biaya.
Persyaratannya hanya cukup dengan membawa Identitas Asli, Bisa KTP,SIM, Kartu pelajar, dan diharuskan membawa Buku nasabah Asli
Durasi pengajuan klaim juga tidak memakan banyak waktu. 15 menit, selanjutnya Token Mandiri akan diganti dengan yang baru.

Sebagai Kontribusi, Saya menyarankan sebaiknya anda dengan segera mengunjungi Cabang Mandiri terdekat untuk memperolehnya. Mendapatkan panduan dari Costumer service untuk menggunakannya adalah yang utama. Karena sesesui pengalaman penulis sewaktu menggunakan Token Mandiri Internet Banking ini, kemudahan dalam mengakses tiap transaksi jual beli di marketplace tak sekalipun menemui kendala. Hanya dalam hitungan detik. Itupun merupakan hal yang tak sebanding jika harus berlama-lama menunggu antrian di Mesin ATM

Saya Juga sangat terbantu, karena tiap kali terjadi transaksi yang melibatkan Saldo terkuras, Semua data aktivitas, nominal debit, Print-out, beserta keseluruhan alurnya dapat dipantau dengan baik melalui Email. Salah satunya ketika menggunakan Token Mandiri Internet banking untuk membeli Token Listrik PLN dan pulsa di halaman ini:

2 Comments

Leave a Comment