7 Aplikasi Kece Penunjang Ide Saat terpaksa Ngeblog Lewat Hp

7 Aplikasi Kece Penunjang Ide Saat terpaksa Ngeblog Lewat Hp | Punya segudang kisah yang terhimpun liar untuk dituliskan, merupakan hal yang terkadang berbuah manis. Semakin tinggi batang usia, membuat saya cenderung mengeksploitasi pemikiran sendiri agar tetap runcing dan landai dalam belajar. Pundi-pundi rezeki juga termasuk bonus yang semata-mata titipan dari Tuhan YMK.

Di bawah ketertekanan yang ada, dengan sukacita, semuanya saya terima sebagaiman Tokoh: ” Lupus Milenia “  yang lengket dengan permen karetnya.  Walaupun pada diksi tulisan di paragraf ini, bunda Tsuneo selalu tak berhenti tertawa.

” Masak ada, Lupus Milenia yang pringisan kayak sampean mas ? !!!+0^%$##@ “ (sambil merajang bawang)

Asem tenan deh, dengan makhluk yang namanya ” wong wedok ” itu.

 

Sebagai sebuah tantangan hidup untuk melengkapi detik-detik yang terlewat dengan bersemai kecerobohan yang ada. meskipun Celaan yang terlanjur diucapkan istri tercinta adalah Guyonan wong ndeso, saya malah bersyukur karena dari kalimat itulah, saya membawa idealisme itu untuk kembali. Saya kembalikan lagi kepada Yang Maha Kuasa, sebagai nilai ekspetasi luar biasa dan refleksi diri atas keberlimpahan rasa syukur yang tercipta melalui Menulis.

Dengan menulis, tidak akan membuat imajinasi seseorang akan mengalami mati kita mati suri dan lupa diri. Justru sebaliknya. Selalu terkembang pencanangan daya fikir manusia dalam memahami perubahan rona zaman. Dengan menulis, daya ingat seseorang, tidak selamanya mengalami degradsi. Oleh karenanya, agar tulisan-tulisan tersebut ter-screen capture dengan baik tanpa kehilangan daya ingatnya, perlu dibutuhkan metode.

Ngeblog lewat hape sebagai alternatif mengusir kejenuhan

Di Zaman sekarang, metode menulis cepat, sudah terjembatani dengan teknologi. Sebagai simbol kecerdasan manusia. Terwadahinya naluri menulis telah di-prasaranai lewat jalur internet, membuat cara menulis konvensional, tak lagi riuh dan menarik seperti sekarang ini.

Orang tak perlu melakukan tapa brata untuk menulis. Tak penting pula menggunakan media batu sedimen alam untuk mengukir sebuah syair, berikut minimnya alat bantu yang dipakai manusia primitif zaman dulu demi menyampaikan kajian Ilmu. Perangkat elektronik di era sekarang, sudah sangat membantu, dengan dibenaminya fitur canggih lintas platform secara khusus. Untuk para blogger, dan pecandu nulis.

2 platform besar seperti Blogger dan WordPress adalah platform yang memprakarsai kebutuhan itu. Untuk menjangkau keinginan penulis menyajikan tulisan yang bermanfaat, lugas, luas tak berbatas, fitur mobilitas sudah diselipkan. Gratis dan Tanpa mahar, tentunya.

Keberagaman yang tersedia, juga mendasari pengembang kedua platform tersebut untuk intens memberdaya gunakan pengguna dan yang kaya inspirasi untuk segan menulis, Ngeblog lewat HP.

Penunjang Prasarana Ngeblog lewat HP

Ya betul. Ngeblog lewat HP adalah ungkapan yang cocok bagi siapapun. Yang tak melulu di rudung kejenuhan akibat terlalu banyak duduk di depan Komputer dekstop. Yang membuat anda makin tambang ide, lantaran sulitnya mendapatkan inspirasi jika terus mengurung diri di dalam ruangan.

Hemat saya, kurangi beban itu dan bawalah hape yang anda miliki sekarang, ke tempat lain. Rekreasi, kongkow-kongkow, bermain ke taman kota, atau berwisata kuliner sebagai refreshing pikiran, kemanapun yang anda suka. Dengan beberapa opsi pengoptimalan kecil di perangkat dekstop sebagai finishingnya.

Tapi tahukah pembaca, untuk sadar mengoptimalkan fitur yang terkandung pada 2 platform penyedia layanan menulis online tersebut, tidaklah cukup.
Butuh waktu lama. Apalagi jika draft tulisan yang masih tersimpan secara mentah di luar kepala. Bisa saja hilang kapan saja.

Daripada ide-ide tulisan, melayang tak karuan. Dengan menanggung beban dan resiko hilang, ada baiknya kita semua-mua melengkapi kekurangan tersebut melalui beberapa aplikasi yang bisa kita manfaatkan. Selagi gratis, tidak ada salahya dicoba agar eksistensi ngeblog yang kita jalani di tengah kesibukan bekerja, tetap terjaga. Tanpa mesti khawatir, jadwal menulis terganggu dengan rutinitas harian kita sendiri.

Aplikasi penunjang ide, saat ngeblog lewat HP yang terkenal itu antara lain

Berikut 7 aplikasi penunjang ide menulis, yang sudah tergagas sebagai implementasi nyata yang sering saya pakai. Penting 100% demi passion menulis kita agar semangat menulis itu tetap ada. Sesuai fungsionalitas dan kaidah-kaidah yang malah banyak ditemukan manfaatnya, ketika anda memutuskan Ngeblog lewat HP.

Sebagai penunjang esensi pula, meskipun aturan ini tak baku. Bagi siapapun anda yang memiliki HP, terutama tanpa mengurangi rasa hormat bagi mereka yang masih kurang percaya diri sebagai penulis Pemula, jangan berkecil hati. Kita semua setara dan sama secara sosial. Saya juga masih belajar.

Silahkan kolaborasi kejeniusan anda dengan tips sederhana berikut ini agar tetap nyaman. Yang ingin ide menulisnya tidak keburu hilang, sekali tempo juga berkenan untuk menambahkannya sendiri. Buat artikel dengan topik yang menyerupai dari alur tulisan ini yang ringan, dan mudah dipahami. Asal jangan Copy paste keseluruhan.

Sesuai versi saya, Urutannya sudah saya atur sedemikian rupa dari yang prioritas, sampai yang berskala paling bontot. Tips ini Halal untuk disebarkan.

  1. Google Keep

  2. Aplikasi catatan penting dari Google. Aplikasi berbasis android APK ini sudah menggeser cara kuno, sewaktu masih eksis menggunakan buku saku. Idealnya, Aplikasi ini semacam Notulen yang wajid dibawa kemana saja ketika saya sudah liar membangun sebuah ide menulis.

    Link Rujukan:
    [1] Untuk Browser Dekstop : https://keep.google.com/

    [2] Untuk Mobile Broweser – Android APK : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.keep&hl=en_US

    Kelebihan Google Keep untuk optimalisasi Ngeblog lewat HP

    Ketika bepergian dan melancong, seringkali saya merasa jemu dengan aktivitas yang ada. Menulis dengan metode ekstrem, sering saya pakai untuk menghibur suasana hati yang beterbangan. Dimana saja, dan “ada-ada saja. Pengalaman tersebut saya pakai sebagai motivasi yang senantiasa untuk terus saya gali.

    Saking seringnya menggunakan cara dekil itu, teman-teman menilai saya aneh. Kalau sudah waktunya saya menyendiri dan tidak ingin diganggu, gaya menulis pada situasi horor seperti menulis di kuburan, terdengar angker bagi mereka. Padahal kalau menurut saya, itu biasa saja sih.

  3. Google Go

  4. Google Insight Search. Itulah pola kalimat yang mewakili aplikasi besutan Google ini dibuat. Juga bisa dibilang versi mini dari Google Chrome, karena keduanya memang mirip. Nyaris tanpa cela.

    Kelebihan Google Go

    Kelebihan Google Go, terletak pada halaman statisnya. Dengan posisi tegak bersusun secara hirarki, kita akan langsung di suguhi keyword yang paling populer. Pun nilai tambah jika menginstal aplikasi ini ketimbang browser sejenis, adalah 50% menghemat bandtwith quota internet yang kita punya.

    Ketimbang memakai UC WEB Browser yang rentan akan masalah. HP android cina biasanya sengaja di suntik aplikasi Bloatware macam UC WEB Browser, UC NEWS, Dan Baidu Baterai Savers. Saya selalu buang aplikasi sampah tak berguna tersebut. Guna menghindari terjangkitnya Bootloop. Lantaran sering menyeret virus Adware untuk memaksa masuk ke Memory System perangkat android saya.
    [Di Lain kesempatan, akan saya ulas tersendiri]

  5. Google Foto

  6. Antar Muka Google Foto, merupakan yang terbaru dari versi sebelumnya, Yakni Google Picasa. Bagi yang doyan travelling dan fotografi, sepertinya tak asing dengan Aplikasi ini.

    Link Rujukan:
    [1] Untuk Browser Dekstop : https://photos.google.com/?hl=id
    [2] Untuk Mobile Broweser – Android APK : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.photos&hl=in

    Google Foto sering saya install berdampingan dengan aplikasi Google Drive. Karena keduanya, ibarat saudara kembar. Saling melakukan subsidi silang disaat kita sedang membutuhkan ruang lebih, untuk penyimpanan gambar yang lebih lapang.

    Ya, ibarat hasil kerja keras pak Jokowi dalam menghentas Ekonomi kerakyatan yang membangun daya pikir kita yang acapkali telat dalam menilai. Agar terdengar santun, saya tulis sebagai : “membackup”. 😀

    Kelebihan Google Foto

    Aplikasi ini wajib di instal agar kita tak kehilangan momen. Misalnya momen saat kita membawa lari istri orang. Maupun sedang berpamer riya’ melalui kamera jahat dalam genggaman.

    Riwayat data dalam bentuk Screencapture gambar, seringkali kita unggah. Saking teledornya. Sehingga fitur autobackup yang ada, memang sayang kalau dilewatkan.

  7. Blogger

  8. Selama ini kita mengenal Blogger hanya sebagai media pengasah naluri menulis berbasis aplikasi, namun dibalik itu semua, terdapat fitur rahasia yang bisa kita kelola.

    Agak monohok sih kedengarannya. Tapi saya lebih sering menggunakan Blogger untuk menyimpan File Gambar dengan format ukuran yang lebih kecil.

    Link Rujukan:
    [1] Untuk Browser Dekstop : https://www.blogger.com/
    [2] Untuk Mobile Broweser – Android APK : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.blogger&hl=en_US

     

    Kelebihan Aplikasi Blogger

    Ada maksud lain disitu yang menarik minat saya untuk mencari tahu. Sebagai tindakan berjaga-jaga saja, saya berminat oleh ketersedian free Hosting dari Google. Mumpung masih gratis.

    Blogger juga berkontribusi dalam upaya memindahkan file gambar, jikalau layanan penyimpanan self-hosting sedang full.

    Meskipun masih sebatas wacana, ada beberapa konten berupa gambar yang sudah saya migrasikan kesitu dengan tujuan mengurangi beban loading Situs Blogermie. Sehingga server Self-Hosting situs ini bisa bekerja maksimal. Khususnya untuk gambar dengan Eksestensi PNG dan Animasi Gif.

  9. Google Chrome Mobile Browser

  10. Deskripsi aplikasi ini masih sama dengan Google GO. Hanya sedikit kelemahan yang bisa saya apresiasi setelah menggunakan aplikasi ini. Yaitu file installernya yang segede gajah.

    Link Rujukan:
    [1] Untuk Browser Dekstop : https://www.google.com/chrome/
    [2] Untuk Mobile Browser – Android APK : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.android.chrome&hl=in

     

    Kelebihan Google Chrome

    Kelebihan lain dari Google Chrome Mobile yang tak kalah utama adalah performa.
    Tanpa menggunakan plugs in pemutar file dengan format animasi (SWF Player), dan Aplikasi Anti virus macam Avast, maupun aplikasi pembersih ram macam CCleaner. Saya tidak khawatir proses berselancar didunia maya terganggu oleh iklan. Dan Lemot

  11. Google Maps dan Google Street View

  12. Nah, ini satu diantara aplikasi garapan Google LLC yang saya sukak. Pembaca pasti mengetahui subtansial dari aktivitas menulis itu, sejatinya mereview apapun yang kita raba lihat. Jika merasa tambang ide dan terkurung dalam labirin pemikiran kita yang kerap kosong, yang bisa-bisa menghantarkan kita kepada psikologi miring lantaran kesurupan. Mulai sekarang, coba opsi menarik lain untuk mendapatkan referensi dari luar kamar. Dengan Jalan-jalan.

    Dengan jalan-jalan, kita memperoleh: “setali, tiga uang”. Dengan bantuan Google Map, hal itu terwujud lho.

    Kelebihan Google Maps dan Google StreetView

    Sambil jalan-jalan, mengeksplore hal baru, dan mendapatkan uang, meski Sekali tempo.

    Untuk mengkombinasikan Google Street View dengan Google Maps bisa di lihat di sini:https://support.google.com/maps/answer/3093484?co=GENIE.Platform%3DDesktop&hl=id

     

    Cobalah mengeksplor hal baru dalam bentuk yang lebih simple, santai dan tanpa dihantui keinginan yang terburu-buru. Misalnya menulis potensi daerah. Entah itu wisata kulinernya, wisata malam, arena bermain dsb. Dijamin, ada penyegaran yang membuat fikiran anda ke depan menjadi lebih fresh.

    Karena selain menambah pengetahuan kita, Google tak segan membayar para kontibutornya lho. Contohnya sudah banyak. Disini saya hanya memungut rizeki itu hanya sebagiannya. Kadangkala dalam bentuk rupiah, kadang berwujud Pulsa. Kadang berubah lagi berupa Kupon belanja.

    Ya…alhamdulillah-lah. Sesuatu, kata Syahrini.

  13. Google Email

  14. Google Mail bisa ya, untuk mencari ide menulis?

    Bisa, jika anda terbiasa Blogwalking secara “silent” layaknya buaya darat yang lepas dari kandangnya. Anda bisa suscribe ke beberapa artikel yang disuka, sesuaikan dengan wawasan dan pengetahuan anda sendiri. Otomatis, setiap kali tulisan baru yang terbit, anda akan memperoleh notifikasi tersebut melalui balasan pesan.

    Kelebihan Google Mail sebagai Aplikasi penunjang Ngeblog Lewat HP

    Garis besarnya, tanpa mengurangi khasanah di dunia Perbloggingan, penggunaan email bukan hanya dipakai layaknya metode berkirim pesan biasa. Anda juga sanggup memanfaatkannya untuk mengupload hasil draft tulisan mentah anda, untuk dikirim ulang/ditransfer ke dekstop untuk di optimalisasi ulang. Hanya jika anda berada di luar rumah, dan tidak berkesempatan menyentuh laptop.

    Asal, dalam tanda kutip : kedua perangkat, baik HP android dan Laptop, harus tersinkronisasi dengan baik dan sudah terhubung dengan internet secara langsung.

    Disini, saya menggunakan Laptop saya sebagai “Server”. Sedangkan HP hanya sebagai “User”. Dan 1 Akun email yang dapat diakses ke beberapa tempat.
    Memang bisa ya, mengirim pesan Email kepada diri sendiri ?
    Apakah hal tersebut tidak dianggap spam ?
    ” Ya bisa. Berkirim pesan secara dua arah, mengakses dengan beberapa perangkat yang berbeda, Sekaligus.
    Asal, tetap menggunakan 1 Akun Google yang valid.”

    Fitur Tersembunyi Googlemail

    Tinjau secara kontinyu aktifitas Anda selama berselancar di dunia maya. untuk mengetahui seberapa aman perangkat tersebut mengakses riwayat internet kita dengan mengunjungi link dibawah ini:

    https://myaccount.google.com/security#activity

    Tinjauan perangkat yang tehubung untuk memantau keamanan akun Google

    Update Tampilan Google Mail per-23 Agustus 2018

    Ditahun ini, Google menyisipkan fitur Integrasinya yang baru. Kita dapat menambahkan beberapa item addon berlabel khusus, demi menunjang aktivitas Ngeblog lewat HP.

    Disitu, Google Mail Tampilan terbaru juga telah menambahkan fitur Aplikasi Google Keep. Tampilan Multiview ini diharapkan mempermudah kita menyalin setiap Ide menulis, yang sudah kita draft pada Google Keep. Tanpa harus melakukan banyak pertimbangan untuk Mengakses Aplikasi Keepnya secara manual. Ya Bisa dibilang : Setali 3 Uang.
    Google mail dapat bekerja optimal secara multitasking di sini.

    Integrasi Google Keep dengan Tampilan Googlemail versi terbaru – Googlemail update

Gaya hidup di zaman milenium ini, diharapkan, kita mampu menjadi pribadi yang berhati-hati dalam menilai. Menilai mana yang obsesif , mana eksklusif, dan mana yang preventif . Termasuk jika kepentingan tersebut kita aplikasikan dalam budaya kita sendiri akan pentingnya menulis, tentunya akan saling berkaitan.

Agar kita tidak terlalu rancu dengan pemberitaan yang tak benar, terutama media online itu sendiri, yang membombardir kita dengan beragam informasi. Dengan menulis, metode 7 aplikasi penunjang ide ngeblog lewat Hape ini, semoga dapat dipakai sebagai upaya  menangkal isu dan berita hoax.  Dengan menulis, kita bisa melakukan perlawanan itu.

Artikel Terkait :

2 Comments