Bayar pajak motor dan ganti plat di Samsat Krian, kini dipermudah


Bayar pajak motor dan ganti plat di Samsat Krian | Pemandangan yang nyaris tak berubah sejak 5 tahun lalu. Ramai, namun tertib.

Samsat Krian Sidoarjo ini, tetap menjadi pilihan saya ketika harus mengurus perpanjangan STNK motor tahunan dan ganti plat secara konvensional.

bayar Pajak Motor

PKB konvensional sebagai transaksi paling ” Aman “ bayar pajak motor ketimbang PKB Online

Ketimbang bayar pajak kendaraan bermotor secara online, membayar pajak dengan cara tunai di Samsat Krian memberikan satu literalisasi dan pencerahan bagi Blogermie.
Agar sebuah proses dapat dipelajari dengan jelas. Mudah dipahami dan bergusi bagi siapapun yang masih buta akan alur teknologi.

Dan lagi, apabila di kalkulasi, terdapat selisih biaya yang membuat pajak motor online kurang di minati. Meskipun tidak banyak penganut sistem pembayaran online yang terbiasa dengan cara kuno macam ini, kebanyakan para wajib pajak memilih transaksi tunai untuk mencari aman.

Mereka yang berasal, bukan dari kaum milenial, lebih menyukai sistem pembayaran lama, dan sangat aware terhadap sistem transaksi online.
Takut uangnya kecopetan, takut sistemnya down/ lambat sehingga cemas transaksi terhambat, dan yang tak kalah heboh adalah: malas bolak-balik Samsat.

Ya, demikianlah. Tanpa harus dilalui 2 kali proses, disertai 2 kali kerja seperti yang tidak terdapat pada sistem pembayaran tunai.

Yakin masih suka dengan Pajak STNK Online…?

Lemahnya STNK online, dianggap kurang fleksibel bagi sebagian kalangan. Karena masih tersisa 1 tanggungan lagi, usai menstranfer biaya pajak STNK itu.

Wajib pajak yang sudah membayar ke Indomaret/ transfer atm, masih di haruskan mengambil hasil cetak STNK yang sudah berstempel resmi ke Samsat.

Tidak ada kelebihan yang cukup signifikan jika dibandingkan mengurusnya sendiri Ke samsat. Kalau toh sama-sama diharuskan menuju ke Samsat, metode pengurusan konvensional dengan cara membayar tunai, tetap menjadi 1 hal yang paling menarik dan patut di pertahankan.

Sehingga wajar, apabila Pajak kendaraan bermotor online atau disingkat (PKB) online, sering menuai dilema. Terutama bagi masyarakat Sidoarjo yang belum begitu familar dengan internet. Daripada 2 kali kerja.

Lokasi bayar Pajak Motor di Sidoarjo

Di Sidoarjo, terdapat 2 titik tempat yang dapat dipakai sebagai acuan ketika ingin mengurus cek pajak kendaraan bermotor secara konvensional. Yakni Samsat Corner Sun City Mall dan Samsat Krian.

Samsat Corner Suncity Mall lebih bernuansa elegan, karena sudah masuk lingkup centra pusat belanja moderen. Orang yang segan berkunjung kesini, idealnya tidak semata-mata mata keinginan mengurus pajak motor tahunan saja. Perpanjangan SIM juga diterima.

Pelayanan Samsat Corner Suncity Mall cukup di nilai mentereng karena lokasinya berada di pusat kota Sidoarjo. Ruangannya Ber-ac & diklaim praktis. Namun tak lantas Samsat Corner Suncity Mall dinilai memiliki kelebihan tanpa keterbatasan juga.

Terkadang, kepuasan ” wajib pajakers “ harus terbayar percuma lantaran akuntibilitas Samsat yang masih simpang siur. Wajib pajak harus berangkat lebih dini kalau tidak ingin mengantre, karena kuota pengunjung dibatasi disini.

Jam operasionalnya juga tak jelas. Kadang Jam 10 siang, sudah tutup. Ealah berasa serba salah.

Kalau tidak tahu betul rute perjalanan, di jamin kita bakalan plonga-plongo. Jadwal pelayanan juga tak rutin buka tiap hari.

Samsat Krian Sidoarjo yang sekarang, di tahun 2018…?

Lain lubuk, lain pula ikan. Begitu juga loyalitas Samsat Krian yang sungguh sangat berbeda.
Letaknya yang dekat dari rumah, dengan denah bangunan yang tak seberapa, menjadikan Samsat Krian sebagai “bahan” studi kelayakan tersendiri bagi saya.

Jika dilihat secara subjektif melalui managerial, kebijakan, dan jam “terbangnya“. Kini, Samsat krian lebih Welcome melayani masyarakat.
Tenggat waktu, bebas diberikan kepada pengguna yang terhalang pekerjaan, sama sekali tak mengganggu kinerja pelayanan Samsat Krian.

Untuk menyiasati waktu yang terhimpit aktifitas harian, Samsat Krian mulai “buka praktek” dari Jam 07.00 wib, sampai siang pukul 12.00 wib. Dari hari Senin-Sabtu.

Bayar pajak motor di Samsat Krian Sidoarjo dengan managerial pelayanan yang makin mumpuni

Bagi pengguna yang terkendala rutinitas harian. Mau berangkat pagi, siang kek. Niscaya semua tetap terlayani dengan baik. Setidaknya tiap kali dalam setahun, saya berkunjung kesini. Tidak terdapat satupun kesimpang siuran yang berarti.

Kalau di tahun 2013 lalu, para wajib pajak kendaraan bermotor diharuskan mengantre. Berderet panjang melingkari ruas bangunan Samsat dengan saling berpegangan tangan dengan motornya pula. Yaa..lebih mirip Teletubbies.

Sekarang, kesenjangan itu tidak nampak lagi. Yang wajib antri hanya manusianya saja, bukan motornya.
Birokrasi yang sudah berjalan sepenuh hati, terjalin antara masyarakat dengan instansi kepolisian, semoga dapat berlangsung lama.

Pengalaman bayar pajak motor tahunan dan ganti plat nopol di Samsat Krian

3 September 2018, Saya mengurus ganti plat nomor Honda Supra’un 125 yang sudah mendekati jatuh tempo.
Rencananya tanggal 9 september besok, Supra’un Saya sudah mau mati.  Sehingga mau tidak mau, motor butut ini harus diberi label plat yang baru kalau tidak ingin diblokir dan dikubur.

Untungnya Honda Supr’un 125 ini sudah resmi berganti kepemilikan yang syah. Menjadi hak atas nama pribadi. Heru Sitimbul. Sejak 5 tahun lalu.

Dengan santai, seperti kebiasaan yang sudah-sudah mendekati tanggal jatuh tempo, biasanya saya melebihi besaran nominal biaya pajak motor ini 200 ribu sebagai upaya jaga-jaga.

Agar tidak keblabasan, pembayaran juga saya ajukan lebih awal 1 minggu, terhitung sebelum STNKnya mati. Karena merunut tradisi lelaku mbah saya, Orang bijak gak boleh telat bayar pajak.

Yang berbeda dari Samsat krian sidoarjo adalah alur pelayanannya yang bersih dari calo. Mulai dari berkas pengumpulan data administrasi, cek fisik, cek kepemilikan plat nomer, hingga cetak plat. Jika dihitung-hitung total keseluruhan, durasi pemrosesan, kurang dari 1 jam.

Proses alur cara bayar pajak kendaraan bermotor yang dulunya terkenal molor, dengan panjang antrean yang mengular, sekarang diperciut. Memperingkas jarak bagi para pengguna yang sudah datang jauh-jauh dari luar kecamatan.

Surat-surat yang perlu disiapkan sebelum mengurus pajak tahunan/ganti plat di Samsat Krian tanpa Calo

Untuk mempercepat waktu, berikut persyaratan bagi anda yang ingin mengurus sendiri bayar pajak motor dan ganti plat nopol.

  1. Berangkat dari rumah, usahakan Sarapan dan Ngopi dulu. Agar tidak terjadi gagal paham
  2. Bawa Ballpoint, untuk menulis. karena di Samsat banyak hal yang perlu untuk ditulis nantinya
  3. Bawa berkas seperti Faktur Pajak pembelian pertama motor anda, BPKB, STNK, dan Kartu identitas diri (KTP).
    Semuanya diharuskan asli
  4. Untuk pengurusan pajak kendaraan dengan status “milik orang lain”, wajib disertai surat kuasa.
    Asal domisili sama / masih satu rumpun RT.

    Kalau sudah di luar kebijakan: beda wilayah, beda provinsi/beda negara. Tidak boleh diwakilkan.

  5. Ok siap. Sekarang kita berangkat menuju Samsat


Alur cara bayar pajak motor dan ganti plat di Samsat Krian Sidoarjo

  1. Menuju Halaman parkir, Cari posisi lapang untuk motor anda
  2. Karena rencananya, motor anda akan melalui serangkaian upaya cek fisik untuk mengidentifikasi nomor mesin dan nomor rangka, agar tidak dikira motor bodong.

    *Jika anda berkepentingan mengurus pajak tahunan saja, tanpa ganti plat. Abaikan langkah ini.

    Anda boleh memarkir kendaraan seenaknya.

  3. Siapkan berkas administrasi berupa KTP, STNK, BBKP asli untuk langsung di fotokopi
  4. *Jika anda berkepentingan Mengurus pajak tahunan saja, tanpa ganti plat. Abaikan melampirkan BPKB.

    bayar Pajak Motor

    Tempat foto kopi berkas administrasi Samsat Krian

    Karena di Samsat ini, jasa fotokopi sudah di bundling menjadi pemberkasan simple melalui penjilidan yang dikelola koperasi. Anda tidak perlu mengeluarkan duit gono gini untuk beli Map Portfolio.

    Serahkan kepada Bapak petugas fotokopi untuk di eksekusi, dan tunggu saja dengan mengantre. Tak usah terburu-buru. Maklum, karena Bapaknya bekerja seorang diri.

    Untuk menghindari kejenuhan, biasanya saya tinggal sembari duduk. Niscaya, tidak butuh waktu lama. Nama kita akan dipanggil oleh beliau.

    bayar Pajak Motor

    Berkas Administrasi yang sudah di foto kopi, di bendel menjadi satu dalam sebuah Map Portfolio berwarna merah untuk sepeda motor

    Berkas itu sudah tertata sedemikian rapi menjadi 1 bendel utuh, yang berisi:

    • 2x FC KTP
    • 2x FC STNK lama
    • 2x FC BPKB di tahun yang lama
    • 2x FC surat kuasa (bila pengurusan pajak di wakilkan)


    Biaya bayar pajak motor beserta nominal berkas yang dilengkapi untuk difoto kopi


    Berapa harga jasa fotokopi dalam pemberkasan ini ? ….

    1 berkas foto kopi, komplit sudah tertata dengan rapi dalam 1 map berkas biasanya terpatok Rp 5.000,- Rp 12.000,-

  5. Setelah berkas ini selesai, anda harus menuju ke loket pengecekan berkas cek fisik
  6. Nantinya, anda akan diberi 1 blangko lagi untuk melengkapi persyaratan pembayaran. Blangko tersebut berupa formulir cek fisik seperti ini. Isilah sesuai dengan yang tertera di BPKB motor anda.

    bayar Pajak Motor

    Loket Cek Fisik Samsat Krian

    Berapa harga blangko formulir pengisian cek fisik ini ? ….
    Blangko ini gratis

    bayar Pajak Motor

    Formulir Cek fisik yang harus di isi. Lengkapi dan gabungkan kembali dalam 1 Map yang berisi foto kopi persyaratan tadi

  7. Setelah formulir pengisian cek fisik sudah terlengkapi sempurna, mintalah arahan petugas cek fisik di situ
  8. Bapak petugas cek fisik, biasanya langsung respon melayani kita dengan memberikan bukti stiker yang sudah terlebih dahulu digosok. Pastikan kolom formulir cek fisik terisi secara mendetail. Berikut nomor mesin dan nomor rangka kendaraan bermotor yang kita urus.

    Berapa tarif jasa cek fisik untuk melengkapi pemberkasan ini ? ….

    Loyalitas. Namun alangkah baiknya anda sambut baik hasil kerja beliau-beliau ini dengan nominal yang manusiawi. Biasanya saya patok Rp 5.000,- Rp 10.000,-

    bayar Pajak Motor

    Petugas cek fisik nomor rangka dan nomer mesin | Samsat Sidoarjo krian

    Memang, tidak ada standart harga, karena sejatinya cek fisik tidak dipungut biaya.
    Dan bukan bermaksud memberikan gratifikasi, namun tidak ada salahnya anda mengapresiasi kerja beliau-beliau ini.

  9. Setelah berkas sudah di bendel kembali, serahkan ke petugas administrasi loket cek fisik untuk dicek ulang
  10. Hal ini dilakukan untuk evaluasi, jika terdapat kekurangan yang wajib kita benahi.
    Setelah di nyatakan terverifikasi. Oleh petugas loket cek fisik, kita diarahkan menuju ke pintu loket pembayaran

    bayar Pajak Motor

    Loket 1 ( Loket Prapendaftaran)

  11. Di pintu loket pembayaran 1, kita akan diverifikasi ulang oleh bapak petugas untuk kedua kalinya
  12. Biasanya petugas pintu loket pembayaran (Loket 1) meminta persyaratan formal berupa Foto Copy KTP.

    Setelah mem-bayar pajak motor dan ganti plat, jangan terburu-buru untuk pulang

  13. Setelah diperkenankan masuk ke ruang tunggu loket verifikasi data ke-dua kalinya, kita akan diberi secarik kertas nomer antrian
  14. Ini merupakan tahap final proses cek fisik, untuk berpindah ke loket 2. 
    Loket Final, tempat bayar pajak motor dan ganti plat ini disudahi.

    bayar Pajak Motor

    Nomor antrean pembayaran STNK dan ganti plat nomor

  15. Tunggu saja sampai proses pemanggilan nama pemilik kendaraan yang bersangkutan terjadi, untuk menyelesaikan proses bayar Pajak Motor
  16. Setelah membayar, kita tinggal menunggu pengambilan STNK dan plat nomor yang sudah jadi
  17. bayar Pajak Motor

    Total Pembayaran Ganti STNK 2018 + Parkir berlangganan | Rp. 420 k

    Posisi loket pengambilan STNK dan Plat nomor, berada di luar gedung staf Samsat Krian (pojok selatan). Kita diharuskan menunggu di sini sejenak, kurang lebih 5-15 menit.

    bayar Pajak Motor

    Loket pengambilan cetak Plat Nopol Baru

  18. Setelah bayar pajak motor tuntas, jangan abaikan proses pengarsipan data baru, untuk diserahkan kepada staff gudang arsip
  19. Biasanya, kita cuma diharuskan membawa foto kopi 2 lembar KTP, untuk kemudian di input ulang oleh petugas. Sebagai bukti kepemilikan ranmor yang syah.

Pengarsipan BPKB sebagai legalisasi kepemilikan Ranmor yang syah

Nah, setelah bayar pajak motor dan ganti plat selesai, STNK dan Plat nomer baru sudah bisa kita bawa pulang. Namun tidak untuk BPKBnya.
BPKB masih harus di rekapitulasi, mengingat data dientitas motor yang lama belum di revisi ulang secara identitas.

Karena BPKB ini secara resmi sudah berganti identitas, berupa Plat nomor baru, datanya harus di salin terlebih dahulu oleh personel bidang Pengarsipan data.
Syarat utama untuk melengkapi Pengarsipan BPKB tersebut terlampir dalam butir ini:

  1. Harus menyertakan 2x FC KTP
  2. Harus menyertakan 2x FC pajak tahunan yang terbaru/ yang sudah dibayar hari ini
  3. Harus menyertakan 1 buah BBKP asli untuk di salin

Ketiga-tiganya wajib diserahkan ke petugas gudang arsip, sebagai data kepemilikan kita yang syah. Biasanya, setelah menyerahkan 3 item tersebut, kita diberi secarik kertas untuk pengambilan BBKB. Baru setelah 1 bulan lamanya, BPKB boleh diambil.

Pengarsipan ini bersifat penting, rahasia, dan wajib di jadikan perhatian. Bukan sekedar formalitas saja lho

Jika sewaktu-waktu STNK dan BPKB kita hilang atau berpindah tangan, kita masih memiliki salinan datanya di Samsat. Apabila terdapat klaim dari dealer, pencurian, Permohonan garansi dsb, Kita memiliki alat bukti yang kuat.

Yang tidak kalah penting, dengan tercatatnya identitas kendaraan kita ke pihak berwenang, kita makin disiplin diri.

Demi mempermudah pesyaratan mengurus Jasa raharja jikalau sewaktu waktu kita berkendara, Kita mengalami hal naas kecelakaan / mati tertabrak kereta. Ketentuan ini juga tergantung kebijakan instansi kepolisian daerah yang bersangkutan.

Demikianlah hasil reportase Blogermie kali Ini. Semoga sedikit banyak, dapat membantu warga Sidoarjo yang ingin mengurus sendiri Pajak sepeda motornya.

Daftarkan Motor anda, agar dapat Jasa raharja. Kalau terjadi lakalantas di jalan, kita masih memilki celengan.

Semoga artikel ini tidak membantu 🙂

Artikel Terkait :

Comments are closed.