Gegabah dan Beresiko Setor Nyawa!, Jangan Sepelekan Komponen ini Bila Pasang Listrik Baru

Dalam memasang instalasi listrik, tentunya kita membutuhkan piranti dan pengetahuan yang memadai. Bukan tanpa alasan, pemasangan listrik yang tidak tepat dan kurang hati-hati akan riskan menimbulkan masalah di kemudian hari.


Konsleting Listrik. Kenali, Pahami, Antisipasi

pasang listrik

Salah satu penyebab terjadinya hubungan arus pendek misalnya, disamping minimnya SDM, tak tahu seluk beluk peripherial bersertifikasi SNI, proses instalasi listrik yang terbilang beresiko terkait nyawa menjadi “momok” nyata bagi banyak orang, Sehingga tak heran jika pengguna awam yang tidak memiliki basic teknisi, cenderung malas untuk mempelajari, dan pada akhirnya menyerahkan proses instalasi listrik yang aman kepada tenaga yang lebih ahli.

Karena menyangkut hajat hidup orang banyak, beberapa komponen listrik untuk pemasangan instalasi listrik baru, harus berkualitas baik demi menghindari kerusakan alat akibat terjadinya induksi jangka panjang yang akan berdampak pada berkurangnya masa pakai perabotan elektronik .

Umumnya, penataan listrik yang kurang baik tak hanya kurang sedap dari sudut pandang estetika saja, dilihat dari sisi keamanan-pun, instalasi yang kurang baik menjadi salah satu indikator terpicunya kebakaran. Akibat hubungan arus pendek.

Alternatif sederhana yang dapat dipakai untuk mengurangi resiko tersebut adalah melakukan peninjauan pada tiap bypass jalur persimpangan fasa tunggal dari kabel tunggal milik PLN. Jangan sampai terdapat titik sambungan yang melebihi dari 3 percabangan.

Akan lebih afdol lagi jika daya yang dipakai tiap perabotan elektronik, tidak melebihi nilai toleransi dari nilai standart meteran listrik yang kita pakai.


Daftar Peralatan Pasang Listrik Baru yang Aman

Nah, berikut adalah komponen dari merek komponen lisrik arus kuat berstandart SNI, yang perlu ditinjau jika berkeinginan pasang listrik baru, Mengingat masa pakai tiap bahan dan built quality yang tidaklah sama.

  1. MCB (Miniature Circuit Breaker)
  2. Miniature Circuit Breaker merupakan komponen utama dalam instalasi listrik. MCB mempunyai peranan penting sebagai pengaman instalasi listrik dari PLN menuju pengguna. Apabila terjadi konsleting atau kelebihan beban maka MCB akan memutus rangkaian listrik secara otomatis sehingga listrik dirumah akan padam. Terminal MCB bagian atas dipasangi kabel fasa dari sumber listrik dan terminal MCB bagian bawah dipasang menuju instalasi listrik di rumah. Untuk lebih terlindungi dan aman, sebaiknya pasanglah MCB dengan Box MCB.

    MCB dengan kualitas SNI sudah dapat dijangkau dengan harga yang ramah dikantong untuk merek seperti shukaku. Walaupun tidak menutup kemungkinan, terdapat perbedaan dari bahan yang digunakan. Untuk kelas terbaik, saya lebih menyarankan merek Sneider

  3. ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)
  4. ELCB merupakan alat yang memiliki peran penting sebagai pengaman dalam instalasi listrik di rumah. Alat ini berperan sebagai grounding, untuk menghindari resiko tersengat listrik atau kesetrum, karena lonjakan listrik yang tiba-tiba datang, bisa dinetralkan melalui kabel lain yang terhubung ke tanah.

    ELCB harus dipasang pada sumber listrik dengan bantuan kabel fasa dan kabel netral sebelum dialirkan pada instalasi listrik di rumah.

    Untuk instalasi rumah tangga yang menggunakan single phase, komponen ini jarang digunakan. Beda lagi untuk industri, karena tegangan yang umum dipakai adalah 350 Volt, triple phase.

  5. Sekring
  6. Sekring atau fuse merupakan alat pengaman listrik dengan bahan penghantar listrik dengan kemampuan yang terbatas dimana jika arus listrik berlebih maka sekring akan terputus, sekarang ini peran sekring sudah mulai tergantikan dengan MCB yang lebih praktis.

  7. Saklar
  8. Saklar merupakan alat yang berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan rangkaian sumber listrik. Saklar yang sering digunakan di rumah adalah saklar tunggal dan saklar ganda. Saklar dilengkapi dengan dua baut terminal yang mana satu terminal untuk kabel fasa dari sumber listrik dan satu terminal lagi untuk kabel yang untuk mengalirkan listrik ke lampu.

    Untuk saklar dan terminal stop kontak, saya merecomendasikan merek Broco ketimbang uticon. karena bahan yang dipakai terbukti aman dan awet terhadap cuaca. Percampuran plastik dan keramik membuatnya lebih tahan terhadap suhu tinggi. Untuk soket terminalnya sendiri sudah memakai material kuningan.

  9. Kabel
  10. Kabel adalah komponen utama untuk pemasangan instalasi listrik di rumah. Kabel mempunyai fungsi untuk mengalirkan listrik dari sumber listrik menuju peralatan listrik yang terpasang dalam instalasi listrik di rumah. Ada dua jenis kabel yang diperlukan untuk memasang instalasi listrik yaitu kabel NYA yang hanya mempunyai satu lapisan isolasi untuk melindungi inti tembaga dan kabel NYM yang mempunyai beberapa lapisan isolasi untuk melindungi inti tembaga.

    Varian kabel memiliki banyak merek. Dari kelas murahan dengan sepuhan aluminium, hingga full tembaga. Beban masing masing kabel untuk instalasi juga dibedakan. Ada yang 3,5 mm, 2,5 mm, 1,5 mm. Kabel penghantar yang baik adalah yang full tembaga. Baiknya sesuaikan dengan budget, mengingat kebutuhan tiap instalasi rumah berbeda-beda. Namun pastikan standart yang dipakai listrik rumahan adalah kabel dengan ukuran 2,5mm.

    Merek yang dapat saya rekomendasikan adalah Eterna. Kalau ada budget lebih, akan lebih baik memilih Merek Supreme lantaran kulitasnya yang sudah terbukti jelas.

Listrik Sebagai Energi Potensial Berbahaya, Waspada dan Serahkan pada Ahlinya.

Pemasangan instalasi listrik yang benar merupakan bentuk upaya menghemat energi juga lho. Seperti yang terangkum pada:

Beberapa peralatan listrik untuk pemasangan instalasi listrik aman harus disertai standart operasional prosedur yang dapat dipertanggung jawabkan, yang jika sampai tidak ditangani dengan teliti, terutama oleh yang sudah mahir di bidangnya, akan berdampak terhadap meregangnya nyawa.

Sayangi diri kita

Artikel Terkait :

Tinggalkan Balasan