Sambut Meriah Tahun Baru Sebelum Anak Terserang Flu

Sambut Meriah Tahun Baru Sebelum Anak Terserang Flu | Bulan Desember sebentar lagi berakhir. Dalam hitungan hari kedepan, tercatat bahwa Musim hujan tetap menjadi momok yang masih perlu diwaspadai oleh seluruh masyarakat indonesia di tengah riuhnya pergantian Tahun Baru 2020 nanti.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) semakin intens memberikan aware untuk waspada, terlebih yang beraktivitas di luar ruangan.

Sejatinya, perubahan cuaca disertai kondisi alam yang mulai menua adalah lumrah akan timbulnya bencana, hanya manusialah yang tahu. Pantas mengerti arti kegetiran hidup lantaran beban psikologi yang ditimbulkan. Pun begitu, kendati hujan juga merupakan indikator mutlak sebuah keberkahan untuk turut hadir, ada baiknya juga menggunakan hujan sebagai deteksi awal dalam mengenal perubahan lingkungan yang ada. Termasuk sumber berjangkitnya beberapa penyakit

Satu gejala yang cukup mendapat perhatian adalah ketika anak terserang flu ialah hidung tersumbat atau mampet. Hidung mampet biasanya difaktori oleh posisi kepala atau karena area saluran pernapasan kering. Obat hidung mampet dan hidung meler untuk anak-anak banyak jenisnya. Mulai dari mengandalkan cara tradisional, hingga bantuan obat dari apotek.

Lakukan Hal-Hal Ini Ketika Hidung Anak Mampet

Pada kasus tertentu misalnya bayi atau anak tidak diperbolehkan minum obat, mencoba atasi hidung mampet dengan cara tradisional menjadi solusi terbaik seperti di bawah ini.

  1. Melembapkan Ruangan
  2. Cara pertama ialah dengan melembapkan ruangan. Sebelumnya sudah dijelaskan bawah produksi lendir berlebih di area pernapasan bisa disebabkan karena kondisi ruangan atau area berakativitas anak yang terlalu kering. Contohnya karena menggunakan AC atau memang kondisinya kering.

    Gunakan humidifier, alat pemberi uap hangat untuk melembapkan ruangan. Anda juga bisa gunakan air panas mendidih yang ditaruh di dalam wadah terbuka, dan taruh beberapa di sudut ruangan. Tutup ruangan dan biarkan uap panasnya menyebar.

  3. Posisikan Tubuh di Posisi yang Tepat
  4. Selanjutnya, atur posisi anak Anda di posisi yang tidak memicu hidung semakin tersumbat seperti duduk tegak atau tengkurap. Untuk bayi, Anda bisa posisikan dia tengkurap serta pangku dia untuk duduk, bungkukan kepalanya sedikit ke arah bawah.

    Sementara untuk anak-anak, tambahkan bantal lebih tinggi ketika mereka tidur. Bisa juga ajarkan mereka untuk tidur dalam posisi yang lebih atas (area bahu dan kepala), tidak menyamping.

  5. Jaga Kebersihan, Hilangkan Debu
  6. Ketiga, perhatikan kebersihan pada area kamar dan ruang tempat anak Anda beraktivitas. Pastikan tidak ada debu atau alat-alat yang mudah tertempel debu seperti boneka. Ruangan yang kotor dan berdebu malah akan mengganggu saluran pernapasan.

  7. Hentikan Aktivitas di Luar Rumah Untuk Sementara
  8. Terakhir, usahakan hentikan sementara aktivitas anak di luar rumah. Biasanya angin dan udara luar akan memperparah kondisi anak yang sedang terserang gejala flu. Jangan lupa pakaikan anak Anda pakaian yang tertutup agar tubuhnya tetap hangat.

    Anda bisa mencari obat hidung tersumbat yang aman untuk anak dengan konsultasi lebih dulu pada dokter anak Anda (khususnya untuk anak usia di bawah 1 tahun), sehingga di tengah terpuruk lantaran kondisi cuaca kurang bagus, anak kita tetap terbentengi kekebalan tubuhnya.

    ︾ BAGIKAN JIKA INI BERMANFAAT ︾

    ARTIKEL YANG SERUPA :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!